• Minggu, 26 Juni 2022

Elektabilitas Ridwan Kamil Ungguli Prabowo Subianto, Hasil Survei Pilpres 2024 IPRC

- Selasa, 1 Februari 2022 | 17:31 WIB
Ilustrasi Pilpres 2024. Hasil elektabilitas Ridwan Kamil mengungguli Prabowo Subianto.  (Foto sumber /Dok. Pikiran Rakyat)
Ilustrasi Pilpres 2024. Hasil elektabilitas Ridwan Kamil mengungguli Prabowo Subianto. (Foto sumber /Dok. Pikiran Rakyat)

DAGANG BERITA - Hasil survei dari Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan.

Pasalnya, hasil survei tersebut menyatakan elektabilitas Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) berhasil mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto.

Hasil elektabilitas Ridwan Kamil tersebut disampaikan Direktur Eksekutif IPRC Firman Manan dalam pemaparan hasil survei Kontestasi Politik 2024, di Kota Bandung, Senin, 31 Januari 2022.

"Dalam simulasi terbuka terkait kandidat calon presiden pada Pemilu 2024, diketahui hasil bahwa 9,2 persen responden memilih Ridwan Kamil, disusul oleh Prabowo Subianto di urutan kedua dengan dipilih 8,9 persen responden. Memang bedanya tipis sekali," katanya.

Firman Manan mengatakan, jika dilihat dalam konteks Pilpres 2024, sosok Ridwan Kamil memang mendapatkan dukungan terbanyak dari warga Jawa Barat.

Baca Juga: Taman Anggur Kukulu Kena Sanksi Ditutup Sementara, Karena Gelar Konser Tri Suaka Langgar Prokes

Akan tetapi, dukungan yang diberikan untuk Gubernur Jawa Barat tersebut belum maksimal atau signifikan.

"Apalagi kalau kita kaitkan dengan hasil survei di sini yang menyatakan 68 persen rakyat Jawa Barat itu kan setuju capres atau cawapres dari Jawa Barat," ucap Firman Manan.

Sayangnya, ketika dikonfirmasi kepada responden pada pertanyaan siapa sosok capres atau cawapres yang akan dipilih dan satu-satunya orang Jawa Barat dalam daftar pertanyaan survei hanya ada Ridwan Kamil, diketahui bahwa hasilnya ternyata belum optimal.

"Dan hasilnya ternyata yang tertinggi hanya 23 persen. Ini menunjukkan bahwa masih sangat belum optimal," ujar Firman Manan.

Halaman:

Editor: Dede Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Subianto Maju Lagi di Pilpres 2024

Rabu, 9 Februari 2022 | 11:57 WIB

Sandiaga Uno Jawab Soal  Dukungan Ulama Lampung

Minggu, 6 Februari 2022 | 15:12 WIB

Pemerintah Tetapkan Waktu Pelaksanaan Pemilu 2024

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:49 WIB

Terpopuler

X