• Minggu, 27 November 2022

Gempa Cianjur Sebanyak 151 Orang Hilang, Kepala Negara Sahabat sampaikan Duka Cita

- Rabu, 23 November 2022 | 11:59 WIB
gempa cianjur
gempa cianjur

DAGANGBERITA.COM - Musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang kawasan Cianjur, Jawa Barat pada hari Senin siang tanggal 21 November 2022 kemarin. Gempa tersebut telah menimbulkan korban jiwa 268 orang meninggal dan luka-luka, kerusakan pada rumah-rumah warga dan memaksa penduduk terdampak bencana mengungsi ke tempat aman.

Baca Juga: Jumlah Korban Gempa Cianjur Bertambah 268 orang, Presiden RI Perintahkan Penyelamatan Korban

Dengan kejadian ini mendapat respon positif dari para Kepala Negara Sahabat mulai dari Presiden Rusia Vladimir Putin sampaikan belasungkawa yang mendalam kepada Presiden Joko Widodo atas bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Bapak Presiden yang terhormat, terimalah belasungkawa saya yang sedalam-dalamnya sehubungan dengan banyaknya korban jiwa dan kehancuran besar-besaran yang disebabkan oleh gempa bumi di Provinsi Jawa Barat,” ungkap Putin dalam telegramnya kepada Jokowi, yang diterbitkan Kremlin.

“Mohon sampaikan kata-kata simpati dan dukungan yang tulus kami kepada keluarga dan sahabat para korban, serta harapan pemulihan yang cepat bagi semua yang terkena dampak bencana ini,” kata pemimpin Rusia itu lagi.

Presiden China Xi Jinping sebelumnya juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban gempa Cianjur.

“Saya terkejut mengetahui gempa bumi di Indonesia yang menimbulkan korban jiwa besar dan kerusakan material,” kata Xi dalam sebuah telegram kepada Jokowi, seperti dikutip Kementerian Luar Negeri China.

“Atas nama Pemerintah China dan rakyat China, saya menyatakan penyesalan yang mendalam atas hilangnya nyawa dan belasungkawa yang tulus kepada keluarga korban yang meninggal dan terluka,” ucapnya.

Para pemimpin lain yang juga menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia antara lain Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Berikutnya, ada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota Saudi Pangeran Muhammad bin Salman Al Saud, dan beberapa lainnya.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini Riau Sumbang 14 Titik Hotspot

Senin, 21 November 2022 | 14:27 WIB
X