• Minggu, 27 November 2022

Jumlah Korban Gempa Cianjur Bertambah 268 orang, Presiden RI Perintahkan Penyelamatan Korban

- Selasa, 22 November 2022 | 22:59 WIB
Presiden Joko Widodo saat melihat kelokasi Gempa di Kabupaten Cianjur Selasa tanggal 22 November 2022.
Presiden Joko Widodo saat melihat kelokasi Gempa di Kabupaten Cianjur Selasa tanggal 22 November 2022.

DAGANGBERITA.COM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang kawasan Cianjur, Jawa Barat pada hari Senin siang tanggal 21 November 2022 kemarin. Gempa tersebut telah menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, kerusakan pada rumah-rumah warga dan memaksa penduduk terdampak bencana mengungsi ke tempat aman.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah, dirinya menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya musibah gempa bumi ini.

Baca Juga: Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah 162, Presiden RI Jokowi Kelokasi Pastikan Korban Dapatkan Penanganan

"Saya telah memerintahkan seluruh jajaran pemerintah terkait untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi, dari evakuasi dan penyelamatan korban, hingga perbaikan jalan di lokasi," kata Presiden Joko Widodo saat melihat kelokasi Gempa di Kabupaten Cianjur Selasa tanggal 22 November 2022.

Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan Pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi. Pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini wajib memakai standar-standar bangunan yang antigempa.

Disaat meninjau lokasi yang terdampak gempa Cianjur, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk membangun rumah warga Cianjur yang rusak dengan rumah yang memiliki standarisasi antigempa.

Presiden turut mengunjungi tenda pengungsian di Taman Prawatasari yang menjadi tempat tinggal sementara para warga yang terdampak gempa bumi.

Tidak hanya itu, Presiden juga memberikan bantuan berupa sembako kepada para warga terdampak gempa bumi.

Presiden turut menyampaikan terkait bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah untuk warga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi.

Kemudian, Presiden menggelar rapat terbatas di Taman Prawatasari dengan menginstruksikan jajarannya untuk segera membuka daerah terisolasi, memperbaiki infrastruktur fasilitas umum maupun rumah warga terdampak, dan membangun tenda perawatan darurat.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini Riau Sumbang 14 Titik Hotspot

Senin, 21 November 2022 | 14:27 WIB
X