• Minggu, 27 November 2022

Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah 162, Presiden RI Jokowi Kelokasi Pastikan Korban Dapatkan Penanganan

- Selasa, 22 November 2022 | 15:52 WIB
Update Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Ada 162 Korban Jiwa, Mayoritas yang Maninggal Dunia Adalah Anak-anak. Foto/Instagram (Foto/Instagram)
Update Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Ada 162 Korban Jiwa, Mayoritas yang Maninggal Dunia Adalah Anak-anak. Foto/Instagram (Foto/Instagram)

DAGANGBERITA.COM - Presiden Joko Widodo menuju Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa tanggal 22 November 2022, menggunakan jalur darat atau kendaraan roda empat. Kedatangan Jokowi ke Cianjur untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang rumahnya mengalami kerusakan, baik berat, sedang, dan ringan. Bantuan yang diberikan mencapai Rp 50 juta.

Jokowi juga mengatakan bahwa rumah milik warga yang nantinya dibangun akan mengikuti standar bangunan yang tahan gempa.

Sementara, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pendataan dan membangun rumah bagi warga terdampak.

Guna mempercepat penanganan bencana, BNPB hari ini menempatkan satu buah helikopter dan dana siap pakai sebesar Rp 1.5 miliar serta bantuan logistik senilai Rp 500 juta.

Untuk diketahui juga jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat terus bertambah,
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, ada 162 warga yang meninggal dunia.Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan anak-anak.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, saat kejadian banyak siswa yang sedang belajar di madrasah.
"Tercatat di call center BPBD ada 162 yang meninggal dunia. Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak, kita sangat prihatin," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Bupati Cianjur, Senin malam.

Mereka yang tak sempat menyelamatkan diri akhirnya tertimpa reruntuhan gedung. Emil belum dapat memastikan berapa jumlahnya, karena proses evakuasi hingga malam ini masih terus dilakukan.

Sedangkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melepas 500 personel yang berangkat ke Cianjur, Jawa Barat untuk membantu evakuasi korban gempa Cianjur.

Saat melepas personel, Yudo juga sering meneriakkan slogan TNI AL "Jalesveva Jayamahe". Teriakan itu kemudian direspon oleh para personel yang akan berangkat ke Cianjur.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini Riau Sumbang 14 Titik Hotspot

Senin, 21 November 2022 | 14:27 WIB
X