• Minggu, 27 November 2022

Ingat Bagi Anda Yang Memasuki Usia 40 Tahun, Dalam Islam

- Jumat, 23 September 2022 | 21:09 WIB
Usia 40 tahun
Usia 40 tahun

Dagangberita.com - Disaat Anda memasuki usia 40 tahun merupakan masa yang istimewa dalam agama Islam.

Baca Juga: Hari Ini Jum' at Sahabat,  Jangan Disia Siakan Banyaklah Berdoa dan Berzikir

Mengapa? Karena usia ini dinilai sebagai puncak kehidupan seseorang baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Usia ini juga menjadi peringatan bagi manusia untuk kembali kepada Allah SWT.

Baca Juga: Dahsyatnya Kelebihan Surat Al Ikhlas, Terutama Jika Anda Sakit

Tahukah anda salah satu keistimewaan usia 40 tahun tampak dalam sebuah hadis dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad:

“ Seorang hamba muslim apabila usianya mencapai 40 tahun Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai 60 tahun Allah memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepada-Nya. Bila usianya mencapai 70 tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai 80 tahun Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai 90 tahun Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya serta Allah akan mencatatnya sebagai tawanan Allah di bumi.” (HR Imam Ahmad)


Allah Ta’ala berfirman,

حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَال

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa:

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X