• Senin, 26 September 2022

11 Agustus 1945 Bahas Kemerdekaan RI, Soekarno dan Hatta Bertemu Jenderal Terauchi d Dalat-Vietnam

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:09 WIB
Soekarno dan Hatta bertemu Jederal Tarauchi diDalat  Vietnam 11 Agustus 1945  (A.Muharram)
Soekarno dan Hatta bertemu Jederal Tarauchi diDalat Vietnam 11 Agustus 1945 (A.Muharram)

 

Dagangberita.com - Pada pertemuan 11 Agustus 1945, Jenderal Terauchi mengundang Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wediodiningrat untuk datang ke Markas Besar Tentara Wilayah Selatan di Dalat, Vietnam. Inti dari pertemuan ini ialah untuk membahas perihal kemerdekaan Indonesia. 

Namun sebelumnya Menurut Restu Gunawan, dkk dalam buku Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (2015), Ir. Soekano, Moh. Hatta dan Radjiman Wediodiningrat berangkat ke Dalat pada 9 Agustus 1945.

Dalam perjalanannya, Ir. Soekarno beserta rombongannya menginap satu malam di Singapura dan di Saigon. Pada pagi buta, rombongan tersebut berangkat dari Saigon menuju Dalat. Pertemuan rombongan dengan Jenderal Terauchi dijadwalkan pukul 10.00 waktu setempat.

Dalam pertemuan 11 Agustu 1945 itu Jenderal Terauchi mengatakan jika Pemerintah Jepang di Tokyo memutuskan untuk memberi kemerdekaan pada seluruh daerah di Hindia Belanda. Namun, wilayah tersebut tidak termasuk Malaya serta bekas jajahan Inggris di Kalimantan.

Dilansir dari situs Universitas Negeri Yogyakarta, pada pertemuan tersebut pula, Jenderal Terauchi mengatakan jika awalnya kemerdekaan Indonesia akan diberikan pada 24 Agustus 1945. Namun, ternyata pemberian kemerdekaan ini dipercepat setelah peristiwa penjatuhan bom di Hiroshima dan Nagasaki.

Untuk diketahui juga pertemua itu terjadi setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh sekutu. Para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia berupaya untuk memerdekakan bangsanya. Salah satunya dengan menemui Jenderal Terauchi Hisaichi di Dalat, Vietnam.

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertamanya di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Kemudian pada hari berikutnya, bom atom kembali dijatuhkan di Nagasaki.

Apa sajakah hasil Pertemua itu : 

1.  Pembentukan PPKI sebagai BPUPKI
Setelah menyelesaikan tugasnya, yakni menetapkan dasar negara dan menyusun rancangan Undang-Undang Dasar, BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Tentunya tugas PPKI lebih tertuju atau berfokus pada persiapan kemerdekaan Indonesia.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

Ingat Bagi Anda Yang Memasuki Usia 40 Tahun, Dalam Islam

Jumat, 23 September 2022 | 21:09 WIB

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Sabtu, 17 September 2022 | 15:00 WIB
X