• Senin, 26 September 2022

10 Agustus Jepang Menyerah, Disebabkan Serangan Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki. Berikut Peristiwa lainnya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:56 WIB
Pasukan jepang meletakan senjatanya akibat 2 kota hancur di bom atom oleh amerika (A.Muharram)
Pasukan jepang meletakan senjatanya akibat 2 kota hancur di bom atom oleh amerika (A.Muharram)

 

Dagangberita.com - Negara Jepang yang menyerah kepada Sekutu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 10 Agustus1945.

Menyusul serangan bom atom yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang mengumumkan penyerahan diri kepada Sekutu dalam Perang Dunia II.

Selain Jepang yang menyerah kepada Sekutu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 10 Agustus yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 10 Agustus

Tahun 1511

Pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu sekaligus menjadi awal runtuhnya Kesultanan Malaka yang berdiri sejak 1400. Sultan Malaka Mahmud Syah lantas melarikan diri ke Pulau Bintan setelah kesultanan yang ia pimpin jatuh ke tangan Portugal.

Tahun 1920

Sultan Ottoman, Mehmed VI, menandatangani perjanjian damai dengan Sekutu setelah Perang Dunia I berakhir. Dari perjanjian yang disebut dengan Perjanjian Serves itu, Kesultanan Ottoman harus rela wilayahnya dipecah oleh Sekutu. Dari perjanjian tersebut, berdirilah Kerajaan Hijaz, Republik Demokratik Armenia, dan Suriah. Selain itu, negara-negara Sekutu juga menguasai beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ottoman.

Tahun 1944

Pertempuran Guam Kedua di Guam, Kepulauan Mariana yang melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama 20 hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan AS yang berhasil merebut Guam dari kekuasaan Jepang.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

Ingat Bagi Anda Yang Memasuki Usia 40 Tahun, Dalam Islam

Jumat, 23 September 2022 | 21:09 WIB

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Sabtu, 17 September 2022 | 15:00 WIB
X