• Sabtu, 13 Agustus 2022

Perilaku Seksual Pranikah Remaja Usia 15 - 18 Tahun, Banyak di Dorong Hasrat Lawan Jenis

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:37 WIB
Hindari seks pranikah
Hindari seks pranikah

 

Dagangberita.com - Salah satu faktor yang dapat menghambat upaya peningkatan kualitas remaja adalah masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja.

Dari berbagai laporan dinyatakan banyak remaja sudah terjebak dalam perilaku reproduksi tidak sehat, diantaranya perilaku seksual pranikah.

Bahkan penelitian-penelitian sebelumnya menyebutkan mayoritas remaja melakukan hubungan seksual pertama kali saat di bangku SMA, yaitu pada usia antara 15-18 tahun.

Perilaku seksual pranikah remaja adalah segala tingkah laku seksual yang didorong oleh hasrat seksual lawan jenisnya, yang dilakukan oleh remaja sebelum mereka menikah.

" Bentuk-bentuk perilaku ini umumnya bertahap, mulai dari tingkat yang kurang intim sampai dengan hubungan seksual," ujar Dra CHR Hari Soetjiningsih MSi, yang dikutip dagangberita.com dari situs www.ugm.ac.id.

Berhubungan intim suami istri
Dikatakanya perilaku seksual pranikah merupakan persoalan yang multidimensional, dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar diri remaja.

Karakteristik remaja atau faktor personal, keluarga dan faktor-faktor di luar keluarga seperti sekolah, dan lingkungan sekitarnya dapat untuk memprediksi aktivitas seksual remaja.

Remaja, kata Soetjiningsih, berkembang tidak dalam isolasi, tetapi dalam lingkungan yang luas yaitu keluarganya, teman-teman sebayanya, sekolah, dan lingkungan tempat tinggalnya.

Pemahaman ini menekankan pentingnya peran interaksi individu dengan lingkungannya, sehingga perilaku individu, termasuk perilaku seksual harus dipahami dalam keragaman konteks sosialnya.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X