• Sabtu, 13 Agustus 2022

6 Agustus Hari Ini Peristiwa Sejarah Amerika Hacurkan Dua Kota di Jepang, Sehingga Ratusan Ribu Korban

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:35 WIB
Dua Kota di Jepang Hiroshima dan Nagasaki di Bom Atom Agustu 1945
Dua Kota di Jepang Hiroshima dan Nagasaki di Bom Atom Agustu 1945

 

Dagangberita.com - Peristiwa sejarah dimana Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945.

Sehingga kedua kota di Jepang saat itu hancur lebur, akibatnya Jepang menyatakan kalah dan menyerah kepada pasukan sekutu.

Dalam kurun waktu dua sampai empat bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki; kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama.

Kemudian pada bulan-bulan seterusnya, banyak orang yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi. Di dua kota tersebut, sebagian besar korban tewas merupakan warga sipil meskipun terdapat garnisun militer besar di Hiroshima.

Pada tanggal 10 Agustus 1945 Sutan Syahrir mendapat info melalui radio bahwa Jepang telah kalah dan Momen inilah yang dimanfaatkan Indonesia untuk mempercepat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Kemudian tanggal 12 Agustus 1945 Sukarno Hatta, dan Radjiman diterbangkan ke Dalat, Vietnam untuk melakukan perundingan kemerdekaan dengan Marsekal Terauchi.

Dengan menyerahnya Jepang, akhirnya para pemuda mendorong Sukarno, Hatta untuk segera melakukan proklamasi lebih cepat.

Untuk itu para pemuda yang dimotori oleh Chaerul Saleh, Sukarni dan Wikana, mereka membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Malam harinya, Sukarno dan Hatta kembali ke Jakarta dan menuju rumah Laksamana Maeda untuk melakukan penyusunan proklamasi.

Penyusunan proklamasi dilakukan oleh Sukarno, Muhammad Hatta, dan Achmad Subarjo. Penyusunan ini disaksikan oleh Sukarni, B.M Diah, Sudiro dan Sayuti Melik. Setelah itu naskah
proklamasi di ketik oleh Sayuti Melik.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X