• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bulan Muharram Tidak Ada Larangan Berhubungan Itim Bagi Suami Istri

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:05 WIB
Ilustrasi behubungan suami istri
Ilustrasi behubungan suami istri

 

Dagangberita.com - Belum dijumpai satu pun dalil dalam Islam yang melarang muslim berhubungan dengan istrinya selama bulan Muharram. Tidak pula di tanggal-tanggal tertentu.

Yang ada dasarnya hanyalah larangan berhubungan ketika suami atau istri sedang berpuasa.

Seperti diketahui, di dalam bulan Muharram ini ada tanggal yang sangat dianjurkan untuk berpuasa. Yakni tanggal sembilan dan sepuluh Muharram.

Nah, bagi kaum muslimin yang berpuasa tentu saja -berdasarkan keumuman dalil- mereka tidak diperbolehkan berhubungan suami istri.

Kita perlu menegaskan kembali, bahwa di dalam Islam tidak ada yang diperbolehkan untuk mengharamkan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya tanpa didasari wahyu; tanpa didasari oleh Al Qur’an dan hadits.

Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditegur oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala karena beliau mengharamkan madu untuk diri beliau sendiri setelah salah seorang istri beliau cemburu. Maka turunlah surat At Tahrim

مَرْضَاةَ أَزْوَاجِكَ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ . قَدْ فَرَضَ اللَّهُ لَكُمْ تَحِلَّةَ أَيْمَانِكُمْ وَاللَّهُ مَوْلَاكُمْ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

“Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan bagimu; kamu mencari kesenangan hati istri-istrimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepadamu sekalian membebaskan diri dari sumpahmu dan Allah adalah Pelindungmu dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Tahrim : 1 – 2)

Jika Rasulullah saja dilarang, apalagi manusia biasa yang mengharamkan tanpa dasar.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X