• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bulan Muharram Jauhi Zalim dan Maksiat

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:40 WIB
Bulan Muharram (A.Muharram)
Bulan Muharram (A.Muharram)

 

Dagangberita.com - Bulan Muharram merupakan bulan yang penuh keberkahan dan memiliki sejarah bagi umat Muslim di dunia, diantaranya bulan menjadi tolak ukur akan kemenangan Baginda Nabi Muhammad SAW pada waktu itu dan bulan Muharram pula sangat memiliki arti tersendiri bagi umat Muslim, yakni untuk lebih memuliakan anak yatim piatu.

Oleh sebab itu, hendaklah umat Muslim untuk dapat saling menyayangi dan tidak saling menyakiti maupun berburuk sangka sesama serta hindari pertengkaran apalagi hingga sampai terciptanya permusuhan.

Berikut Larangan di bulan Muharram lainnya adalah melakukan zalim kepada orang lain. Zalim terhadap orang lain tidak selalu berarti membunuh atau melukai. Zalim juga bisa berupa mengambil hak orang lain, melontarkan kata-kata tidak terpuji bagi orang lain, memfitnah, dan sebagainya.

Kemudia jauhi Bermaksiat, selain dilarang berbuat zalim kepada orang lain, para ulama juga melarang kita untuk berbuat zalim kepada diri sendiri.

Maksud dari berbuat zalim pada diri sendiri adalah melakukan dosa dan maksiat yang akhirnya membuat kita mendapat akibat buruk.

Akibat buruk atau balasan dosa akibat dholim pada diri sendiri bisa terjadi di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Tahukah kalian dengan kezaliman, karena sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan-kegelapan pada hari kiamat” (HR.Muslim).

Karena itu para ulama menganjurkan kita untuk selalu bertaubat, terutama di bulan Muharram dan bulan Haram.

Taubat menjadi amalan yang sangat dianjurkan di bulan Muharram, karena bisa jadi kita melakukan perbuatan maksiat di bulan Haram ini.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X