• Sabtu, 13 Agustus 2022

5 Agustus Adalah Sejarah Berakhirnya Agresi Militer Belanda Pertama

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:18 WIB
Agresi militer belanda 1
Agresi militer belanda 1

Dagangberita.com - Tahukah anda Agresi Militer Belanda terjadi dalam dua periode, yatu periode pertama berlangsung sejak 21 Juli-5 Agustus 1947, dan periode kedua pada 19 Desember-20 Desember 1948.

Dikutip dari berapa sumber Agresi Militer Belanda juga memiliki sebutan lain, yaitu Aksi Polisionil. Yang mana alasan mengapa Belanda menyebut agresi militernya ke wilayah Indonesia sebagai aksi polisionil adalah karena pada waktu itu Belanda masih tidak bersedia mengakui kemerdekaan Indonesia.

Yang menjadi alasan mengapa Belanda menyebut agresi militernya ke wilayah Indonesia sebagai aksi polisionil adalah karena pada waktu itu Belanda masih tidak bersedia mengakui kemerdekaan Indonesia.


Agresi Militer Belanda I merupakan operasi militer yang dilakukan oleh Belanda di Jawa dan Sumatra. 

Agresi Militer Belanda I berlangsung sejak 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947, yang dipimpin oleh Letnan Gubernur Jenderal Johannes van Mook. 

Alasan van Mook melancarkan Agresi Militer Belanda I adalah untuk memulihkan perekonomian Belanda pasca-Perang Dunia II dengan menguasai kekayaan alam di Indonesia. 

Oleh sebab itu, Belanda menyerang Sumatra dan Jawa untuk menguasai sumber daya alam di sana.

Di Pulau Jawa, Belanda menyerang Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pada 21 Juli 1947, Jawa Barat diserang oleh Divisi B dipimpin S De Waal dan Divisi C dipimpin Mayjen HJJW Durt Britt.

Dalam serangan ini, Belanda berhasil menerobos pertahanan TNI di sektor Bandung Timur setelah dilakukan pergantian pertahanan oleh Divisi II/Sunan Gunung Jati dari Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X