Awalan 'L' Kode Wilayah Bagian Depan Nomor Pelat Kendaraan di Surabaya Ternyata dari Pasukan Inggris

- Rabu, 15 Maret 2023 | 21:33 WIB
Ilustrasi nomor dan kode seri pelat kendaraan bermotor XX.
Ilustrasi nomor dan kode seri pelat kendaraan bermotor XX.

DAGANGBERITA.COM - Ada beberapa kode wilayah untuk pelat kendaraan bermotor di Provinsi Jawa Timur. Salah satunya "L" di Surabaya.

pelat kendaraan Ibukota Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini dimulai huruf 'L'. Lalu diikuti angka dan seri kode wilayah di belakang.

Sedangkan lainnya, daerah-daerah di Jatim menggunakan kode wilayah dengan huruf M, N, P, S, W, AE dan AG.

Susunan huruf dan angka pada pelat merupakan identitas suatu kendaraan. Pelat ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Ini agar asal kendaraan mudah diidentifikasi.

Baca Juga: Apa Arti Seri Belakang XX, YY, YX, XY di Pelat Putih Mobil atau Motor Baru? Benarkah Tanda Cash atau Kredit?

Baca Juga: Apa Arti Pelat Mobil Putih CD, CC, CH? Ini Daftar 130 Nomor Kode Kendaraan Negara, Organisasi PBB di Indonesia

Baca Juga: Apa Arti Nomor Pelat Hitam NK? Siapa yang Berhak Memakai Mobil dengan Nomor Khusus dan Rahasia?

Seperti diketahui, nomor pelat kendaraan pertama kali dicetuskan secara resmi di Prancis pada tahun 1893. Lalu diikuti Amerika, Belanda dan beberapa negara lainnya saat memasuki tahun 1901.

Termasuk di Indonesia. Dikutip dari surakarta.go.id, penggunaan kode wilayah pada kendataan di tiap daerah tidak terlepas dari sejarah.

Dipengaruhi pemakaian kendaraan di masa penjajahan. Seperti kendaraan-kendaraan yang digunakan oleh penjajah ketika melakukan operasinya di Indonesia.

Khusus di Surabaya, kode wilayah "L" awalan nomor pelat kendaraan berasal nama tentara Inggris saat menjajah Indonesia tahun 1800-an.

Berawal dari penyerbuan pasukan Inggris terhadap pemerintahan Hindia-Belanda. Sehingga berhasil merebut Batavia dari Belanda.

Sekitar 15.000 pasukan Inggris dibagi menjadi 26 batalion. Tiap batalion diberi nama dengan huruf A sampai Z.

Batalion tersebut menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Tiap batalion yang berhasil menempati daerah target mereka masing-masing memiliki tanda berbeda.

Halaman:

Editor: Jefri Valdano

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Beberapa Manfaat Dari Mencukur Bulu Kemaluan

Rabu, 15 Maret 2023 | 23:56 WIB
X