• Sabtu, 13 Agustus 2022

JHT Salah Satu Harapan Terakhir Bagi Para Pekerja Untuk Melanjutkan Hidup

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 14:39 WIB
Kantor BPJS saat melayani Masyarakat (Dok. Tirto.ID)
Kantor BPJS saat melayani Masyarakat (Dok. Tirto.ID)

Dagangberita.com - Pekerja yang terkena Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) dan belum mendapatkan pesangon dari perusahaan. Presiden DPP Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia, Mirah Sumirat mengatakan, Jaminan Hari Tua (JHT) menjadi harapan terakhir para pekerja untuk melanjutkan hidup.

"JHT ini jadi modal terakhir kami melanjutkan hidup, bukan hanya untuk modal usaha tapi juga untuk kehidupan mereka (pekerja)," kata Mirah dalam diskusi bertajuk Quo Vadis JHT, Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Sabtu (19/2).

Mirah mengatakan, pencairan JHT yang dilakukan para pekerja menjadi pilihan terakhir setelah menguras tabungan untuk biaya hidup. Mulai dari bayar listrik, uang sekolah hingga menyambung hidup.

Baca Juga: Jumlah Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Berkurang 66 Orang

"Bagi ibu-ibu yang kena PHK di usia 40 tahun ini susah (mendapatkan pekerjaan lagi) dan JHT jadi harapan terakhir mereka," kata Mirah.

Sementara lanjut dia, pemerintah dengan mudahnya mengeluarkan aturan pencairan JHT baru bisa dilakukan pada usia 56 tahun. Menurutnya pemerintah tidak boleh mengatur penggunaan uang milik pekerja.

Alasannya dana JHT merupakan uang milik pekerja yang telah dikumpulkan sejak pertama kali bekerja. Dia pun menganalogikan penyimpangan dana tersebut seperti menyimpan deposito di bank yang seharusnya bisa diambil kapan saja.

"Ini kan uang mereka, ini digunakan bukan untuk mau ambil motor atau mobil," kata dia.

Baca Juga: DPR RI Akan Ajukan Judicial Review Terkait Presidential Threshd

Mirah mengaku, pembahasan aturan yang diterbitkan dalam Permenaker No. 2 tahun 2022 sudah pernah dibahas bersama. Namun dia merasa kecolongan karena secara tiba-tiba disahkan dalam bentuk peraturan menteri yang bahkan mulai berlaku pada bulan Mei tahun ini.

Halaman:

Editor: Andriansyah

Tags

Terkini

Padepokan Milik 'Gus Samsudin' Ditutup Pemkab Blitar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:23 WIB

Kemenkes Janji Akan Perbaiki Fasilitas Kesehatan

Kamis, 24 Februari 2022 | 13:44 WIB
X