Pimpin Razia Lapas Pekanbaru, Kakanwil Kemenkumham Riau Temukan Benda Benda Ini

- Selasa, 31 Januari 2023 | 16:00 WIB
Lapas Kelas IIA Pekanbaru
Lapas Kelas IIA Pekanbaru

DAGANGBERITA.COM - Kakanwil Kemenkumham Riau Mohammad Jahari Sitepu langsung memimpin razia di blok yang dihuni para napi, Selasa tanggal 31 Januari 2023 dini hari.Hal ini dilakukan paska seorang napi bernama Leo (33) ditangkap mengendalikan peredaran narkotika jenis sabu dari dalam Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Baca Juga: Sumur Minya Tua Milik PT BSP Meledak di Kabupaten Siak, Ini Yang Dilakukan Disnaker Riau

Hasilnya, masih ditemukan sejumlah barang yang dilarang seperti benda tajam berupa pisau silet, dan besi yang diasah di lapas tersebut.

Selain itu, juga ditemukan pula kaca, plastik runcing dan senjata tumpul. Kemudian, barang lainnya seperti delapan sendok garpu, delapan headset, satu rice cooker, satu pemanas air, 15 baterai, satu gesper kepala besi, dua cok sambung, dua pisau dan satu tripod.

"Seluruh barang itu didapat dari tujuh kamar hunian yang dilakukan infeksi mendadak," terang Jahari didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi beserta Kepala Lapas Pekanbaru Sapto Winanrto.

Baca Juga: Sebanyak 1.378  Anak Tidak Sekolah di Kampar-Riau, Bersiap Kembali Untuk belajar

Penggeledahan sebut Jahari dilakukan secara acak, agar pihaknya berhasil mendapat sasaran yang diinginkan. Karena dapat menjadi sumber gangguan keamanan dan ketertiban pada lapas.

Sebelum sidak dimulai, kepada jajarannya, Jahari menegaskan untuk melakukan penggeladan secara teliti, cermat dan seksama.

"Periksa seluruh sudut kamar, mulai dari kamar mandi, loker, ventilasi dan kolong tempat tidur. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan. Namun tetap laksanakan penggeledahan secara humanis, libatkan peran kepala kamar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pesan Jahari.

Setelah melihat hasil razia, Jahari memerintahkan jajarannya segera diinventarisir dan dimusnahkan barang temuan, agar tidak menjadi sumber gangguan dan ketertiban di kemudian hari.

"Pemeriksaan dan penggeledahan harus dilaksanakan secara berkala sebagai langkah dalam menjaga kemanan dan ketertiban serta upaya dalam pelaksanaan P4GN, Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Saya tidak akan bosan-bosannya mengingatkan kepada jajaran untuk selalu bekerja sesuai aturan dan SOP, apabila ada yang melanggar aturan dan menjadi pengkhianat, saya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas," tegas Jahari. ***

Editor: A. Muharram

Tags

Terkini

X