Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy: Dampak Banjir Tersebut Akibat Banyak Bangunan Dibantaran Sungai

- Jumat, 4 Maret 2022 | 11:22 WIB
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy merasa geram melihat banyaknya bangunan yang berada di badan sungai menyebabkan penyempitan daerah aliran sungai (DAS) di Cibanten, Kota Serang. (Dok. Pikiran Rakyat)
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy merasa geram melihat banyaknya bangunan yang berada di badan sungai menyebabkan penyempitan daerah aliran sungai (DAS) di Cibanten, Kota Serang. (Dok. Pikiran Rakyat)

Dagangberita.com - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy merasa geram melihat banyaknya bangunan yang berada di badan sungai menyebabkan penyempitan daerah aliran sungai (DAS) di Cibanten, Kota Serang.

Andika menilai penyempitan badan sungai di Cibanten menjadi penyebab utama terjadinya banjir di Kota Serang.

“Lihat itu, masa sampai ada bangunan yang menjorok, nyaris berada di badan sungai,” kata Andika, kepada wartawan, mengutip dari Bantenhits -jaringan Suara.com, Jumat 4 Maret 2022.

Baca Juga: Sopir Vanesha Angel, Tubagus Joddy Akui Kelalaiannya Saat Berkendara

Andika yang didampingi Walikota Serang Syafrudin diajak melihat langsung penyempitan badan sungai di lokasi tersebut oleh Kepala BBWSC 3, I Ketut Jayada, setelah sebelumnya mereka juga meninjau Bendungan Sindangheula.

Menurut Andika, dalam waktu dekat ini perlu dilakukan upaya penertiban bangunan yang berada di DAS.

Andika meminta Pemkot Serang sebagai Pemda yang berwenang terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di wilayah Kota Serang yang dilintasi Sungai Cibanten melakukan langkah-langkah penertiban.

Saat ini, kata Andika, Pemprov Banten sendiri tengah menunggu Detail Enginering Design (DED) kegiatan penataan badan sungai dan DAS Cibanten yang tengah dikerjakan BBWSC3.

“Memang kan sudah masuk dalam perencanaan dan penganggaran pihak BBWSC3 soal penataan Cibanten ini. Nanti tiba waktu pelaksanaan pengerjaannya kami dan Pemkot Serang yang akan mengawal terkait penertiban lahannya,” papar Andika.

Baca Juga: Akibat Angin Kencang, Papan Reklame Roboh di Pasar Labuan Pandeglang Banten

Halaman:

Editor: Andriansyah

Tags

Terkini

BKSDA Sumbar Lepasliarkan Dua Pasang Siamang

Rabu, 23 Februari 2022 | 14:06 WIB

Kasus Covid-19 di Lampung Bertambah Hingga 617 Orang

Selasa, 22 Februari 2022 | 11:12 WIB

Pemkab Purwakarta Upayakan Isoter Ditiap Desa

Sabtu, 19 Februari 2022 | 17:10 WIB

Pemkot Palembang Terapkan PPKM Level 3

Rabu, 16 Februari 2022 | 10:42 WIB

Terpopuler

X